Proses inti manajemen
- Manajer
dan karyawan berinteraksi dengan pelanggan eksternal dan membangun
hubungan dengan mereka, mengembangkan produk dan jasa baru, berinteraksi
dengan pemasok eksternal, dan menghasilkan produk dan jasa atau pelayanan
untuk pelanggan eksternal. Sementara itu, proses pendukung memberikan
sumber daya dan input yang penting ke dalam proses inti yang penting bagi
pengelolaan kegiatan perusahaan atau organisasi. Jelaskan proses
inti manajemen operasional.
Ada dua jenis proses dalam kegiatan operasi, yaitu
proses inti (core process) dan proses pendukung (support process). Proses inti ini merupakan serangkaian kegiatan yang menyampaikan
nilai pada pelanggan. Manajer dan karyawan berinteraksi dengan pelanggan
eksternal dan membangun hubungan dengan mereka, mengembangkan produk dan jasa
ba berinteraksi dengan pemasok eksternal, dan menghasilkan produk dan jasa atau
pelayanan untuk pelanggan ekstemal.
Menurut Krajewski et al. (2007), ada empat proses
inti, yaitu:
a. Proses hubungan dengan pelanggan atau yang disebut
pengelolaan hubungan dengan pelanggan. Karyawan terlibat dalam proses hubungan
dengan pelanggan dengan cara mengidentifikasi, menarik, dan membangun hubungan
dengan pelanggan eksternal, dan membantu pengiriman atau penyampaian kebutuhan
dan harapan pelanggan. Fungsi tradisional seperti pemasaran dan penjualan
merupakan bagian dari proses tersebut.
b. Proses pengembangan produk atau jasa baru: Karyawan
terlibat dalam proses pengembangan produk atau jasa baru dengan mendesain dan
mengembangkan produk atau jasa baru tersebut. Produk atau jasa baru tersebut
dikembangkan sesuai dengan spesifikasi pelanggan ekstemal.
c.
Proses pemenuhan pesanan. Proses pemenuhan pesanan
meliputi kegiatan kegiatan yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk dan
menyampaikan jasa atau pelayanan dan produk kepada pelangganeksternal.
d. Proses hubungan dengan pemasok Dalam proses
tersebut karyawan memilih pemasok jasa, bahan baku, fasilitas, dan informasi
dengan cepat dan efisien.
- Dalam
hubungan antarmanusia di tempat kerja, satu orang karyawan dapat
termotivasi untuk bekerja keras menghasilkan sesuatu sebanyak mungkin,
namun orang lain hanya termotivasi untuk mengerjakan sesuatu secukupnya
saja. Jelaskan tiga jenis teori motivasi.
Dalam hubungan antarmanusia di tempat kerja, ada
tiga jenis teori motivasi, yaitu teori klasik dan manajemen ilmiah, teori
keperilakuan awal, dan teori motivasi kontemporer.
a. Dalam teori klasik, karyawan hanya dimotivasi oleh
uang. Oleh karena itu, menurut Frederick W. Taylor, pencetus manajemen ilmiah, perusahaan
harus mampu menganalisis pekerjaan agar dapat menemukan cara terbaik untuk
melaksanakan pekerjaan agar dapat menghasilkan produk yang lebih murah dan
menghasilkan keuntungan yang lebih besar. gaji karyawan. Hal ini dapat
memotivasi karyawan untuk lebih aktif dalam bekerja. Oleh karena itu, pekerjaan
pada saat itu dibagi menjadi elemen atau tugas yang lebih kecil, dan lebih
mudah untuk mengulangi eksekusi, sehingga melakukan pekerjaan lebih efisien.
b. Teori perilaku
awal dimulai dengan eksperimen yang disebut Howthorne Research. Eksperimen ini
bertujuan untuk menguji hubungan antara perubahan lingkungan fisik dan output
karyawan. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa produktivitas karyawan tidak hanya
dipengaruhi oleh lingkungan fisik, tetapi juga oleh teori hubungan
interpersonal. Oleh karena itu, manajer harus memberikan perhatian dengan
memperhatikan karyawan. Atas dasar teori perilaku awal, muncul beberapa teori
insentif, yaitu model sumber daya manusia yaitu teori X dan teori Y; model
permintaan hierarkis; dan teori dua faktor.
c. Teori motivasi kontemporer juga menggambarkan kondisi
pemikiran saat ini dalam menjelaskan motivasi karyawan Teori motivasi
kontemporer, mempertimbangkan motivasi pencapaian, rancangan pekerjaan,
penguatan, dan teori keadilan organisasional. Individu yang berprestasi tinggi
tidak termotivasi oleh penilaian organisasi tentang kinerja atau
penghargaan-penghargaan organisasional, karena itu kenaikan dari usaha menuju
tujuan-tujuan pribadi mereka yang mempunyai integritas tinggi. teori ini
meliputi teori pengharapan dan teori keadilan.
- Produk
dan jasa memerlukan pengembangan. Pengembangan produk merupakan penciptaan
produk atau jasa yang menyediakan nilai yang lebih besar bagi pelanggan.
Apabila usaha pengembangan produk berhasil maka akan dapat dihasilkan
produk baru atau produk yang dimodifikasi yang dapat memenuhi kebutuhan
pelanggan. Jelaskan 6 (enam) jenis pengembangan produk.
a. Fase
perencanaan yang menghubungkan kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi
Pemasaran: mengartikulasikan kesempatan pasar dan mendefinisikan segmen pasar. Desain: mempertimbangkan landasan dan arsitektur
produk dan menilai teknologi baru Pemanufakturan: mengidentifikasi hambatan
produksi dan menyusun strategi rantai pasokan. Fungsi lain penelitian ketersediaan teknologi,
keuangan menyediakan sasaran perencanaan dan manajemen umum mengalokasikan
sumber daya proyek.
b. Tahap pengembangan
konsep yang mengidentifikasi permintaan pasar serta pengembangan dan evaluasi konsep produk Pemasaran mengumpulkan kebutuhan pelanggan mengidentifikasi
pelanggan, dan mengidentifikasi produk yang dapat bersaing. Desain menemukan kelayakan konsep produk
mengembangkan konsep desain industrial dan membangun dan menguji plototype
untuk percobaan Pemanufakturan memperkirakan biaya pemanufakturan dan menilai
fisibilitas produksi. Fungsi lain keuangan memfasilitasi analisis
ekonomi dan hokum menemukan isu-isu paten.
c. Desain pada
level sistem. Pada tahap ketiga mulai menyusun dari produk hingga komponen dan bahan yang
menyusun produk tersebut Pemasaran mengembangkan rencana pemilihan dan peluasan
produk dan menyusun target penjualan. Desain: menyusun produk alternative,
mendefinisikan subsistem utama yang terkait dan Desain
menyusun memperbaiki desain industrial.
Pemanufakturan mengidentifikasi pemasok untuk komponen kunci, melakukan
analisis membeli atau membuat sendiri, menentukan skema perakitan akhir dan
menyusun target biaya Fungsi lain keuangan membantu analisis membel atau
membuat sendin dan pelayanan produk identifikasi
isu-isu pelayanan.
d.
Perincian desain yang merupakan tahap desain lengkap
hingga proses produksinya dan mengembangkan rencana pemasaran. Desain mendefinisikan komponen produk memilih bahan baku,
menentukan toleransi dan melengkapi dokumentasi pengendalian desain industrial. Pemanufakturan mendefinisikan proses produksi
bagian demi bagian, mendesain peralaran menentukan
proses penjamin kualitas dan mulai pengadaan alat.
e. Pengujian dan perbaikan. Pemasaran mengembangkan
promosi dan peluncuran dan memfasilitasi pengujian. Desain pengajian
reliabilitas, pengujian daur hidup produk, pengujian kinerja, perbaikan aturan dan
perubahan desain. Pemanufakturan:membantu pemasok,memperbaiki proses pabrikasi
dan perakitan, melatih para karyawan, menentukan proses penjamin kualitas dan
mulai pengadaan alat.
f.
Tahap produksi awal produk yang telah didesain.
Hasil akhir dari seluruhntahpan proses pengembangan produk adalah peluncuran
produk di pasar Pemasaran penempatan awal produksi dengan pelanggan kunci desain
evaluasi awal output produksi. Pemanufakturan memulai operasi ke dalam sistem
produksi.
Sekian semoga bermanfaat dan mudah dipahami.
Posting Komentar