BREAKING NEWS

iklan footer 2

Senin, 10 Januari 2022

APA ITU PROSES INTI MANAJEMEN, TEORI MOTIVASI, DAN PENGEMBANGAN PRODUK


Proses inti manajemen 

  1. Manajer dan karyawan berinteraksi dengan pelanggan eksternal dan membangun hubungan dengan mereka, mengembangkan produk dan jasa baru, berinteraksi dengan pemasok eksternal, dan menghasilkan produk dan jasa atau pelayanan untuk pelanggan eksternal. Sementara itu, proses pendukung memberikan sumber daya dan input yang penting ke dalam proses inti yang penting bagi pengelolaan kegiatan perusahaan atau organisasi. Jelaskan proses inti manajemen operasional.

Ada dua jenis proses dalam kegiatan operasi, yaitu proses inti (core process) dan proses pendukung (support process). Proses inti ini merupakan serangkaian kegiatan yang menyampaikan nilai pada pelanggan. Manajer dan karyawan berinteraksi dengan pelanggan eksternal dan membangun hubungan dengan mereka, mengembangkan produk dan jasa ba berinteraksi dengan pemasok eksternal, dan menghasilkan produk dan jasa atau pelayanan untuk pelanggan ekstemal.

Menurut Krajewski et al. (2007), ada empat proses inti, yaitu:

a.  Proses hubungan dengan pelanggan atau yang disebut pengelolaan hubungan dengan pelanggan. Karyawan terlibat dalam proses hubungan dengan pelanggan dengan cara mengidentifikasi, menarik, dan membangun hubungan dengan pelanggan eksternal, dan membantu pengiriman atau penyampaian kebutuhan dan harapan pelanggan. Fungsi tradisional seperti pemasaran dan penjualan merupakan bagian dari proses tersebut.

 

b. Proses pengembangan produk atau jasa baru: Karyawan terlibat dalam proses pengembangan produk atau jasa baru dengan mendesain dan mengembangkan produk atau jasa baru tersebut. Produk atau jasa baru tersebut dikembangkan sesuai dengan spesifikasi pelanggan ekstemal.

 

c.     Proses pemenuhan pesanan. Proses pemenuhan pesanan meliputi kegiatan kegiatan yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk dan menyampaikan jasa atau pelayanan dan produk kepada pelangganeksternal.

 

d.  Proses hubungan dengan pemasok Dalam proses tersebut karyawan memilih pemasok jasa, bahan baku, fasilitas, dan informasi dengan cepat dan efisien.

 

  1. Dalam hubungan antarmanusia di tempat kerja, satu orang karyawan dapat termotivasi untuk bekerja keras menghasilkan sesuatu sebanyak mungkin, namun orang lain hanya termotivasi untuk mengerjakan sesuatu secukupnya saja. Jelaskan tiga jenis teori motivasi.

Dalam hubungan antarmanusia di tempat kerja, ada tiga jenis teori motivasi, yaitu teori klasik dan manajemen ilmiah, teori keperilakuan awal, dan teori motivasi kontemporer.

a.  Dalam teori klasik, karyawan hanya dimotivasi oleh uang. Oleh karena itu, menurut Frederick W. Taylor, pencetus manajemen ilmiah, perusahaan harus mampu menganalisis pekerjaan agar dapat menemukan cara terbaik untuk melaksanakan pekerjaan agar dapat menghasilkan produk yang lebih murah dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. gaji karyawan. Hal ini dapat memotivasi karyawan untuk lebih aktif dalam bekerja. Oleh karena itu, pekerjaan pada saat itu dibagi menjadi elemen atau tugas yang lebih kecil, dan lebih mudah untuk mengulangi eksekusi, sehingga melakukan pekerjaan lebih efisien.

 

b.  Teori perilaku awal dimulai dengan eksperimen yang disebut Howthorne Research. Eksperimen ini bertujuan untuk menguji hubungan antara perubahan lingkungan fisik dan output karyawan. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa produktivitas karyawan tidak hanya dipengaruhi oleh lingkungan fisik, tetapi juga oleh teori hubungan interpersonal. Oleh karena itu, manajer harus memberikan perhatian dengan memperhatikan karyawan. Atas dasar teori perilaku awal, muncul beberapa teori insentif, yaitu model sumber daya manusia yaitu teori X dan teori Y; model permintaan hierarkis; dan teori dua faktor.

 

c.  Teori motivasi kontemporer juga menggambarkan kondisi pemikiran saat ini dalam menjelaskan motivasi karyawan Teori motivasi kontemporer, mempertimbangkan motivasi pencapaian, rancangan pekerjaan, penguatan, dan teori keadilan organisasional. Individu yang berprestasi tinggi tidak termotivasi oleh penilaian organisasi tentang kinerja atau penghargaan-penghargaan organisasional, karena itu kenaikan dari usaha menuju tujuan-tujuan pribadi mereka yang mempunyai integritas tinggi. teori ini meliputi teori pengharapan dan teori keadilan.

  1. Produk dan jasa memerlukan pengembangan. Pengembangan produk merupakan penciptaan produk atau jasa yang menyediakan nilai yang lebih besar bagi pelanggan. Apabila usaha pengembangan produk berhasil maka akan dapat dihasilkan produk baru atau produk yang dimodifikasi yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Jelaskan 6 (enam) jenis pengembangan produk.

a.   Fase perencanaan yang menghubungkan kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi Pemasaran: mengartikulasikan kesempatan pasar dan mendefinisikan segmen pasar. Desain: mempertimbangkan landasan dan arsitektur produk dan menilai teknologi baru Pemanufakturan: mengidentifikasi hambatan produksi dan menyusun strategi rantai pasokan. Fungsi lain penelitian ketersediaan teknologi, keuangan menyediakan sasaran perencanaan dan manajemen umum mengalokasikan sumber daya proyek.

 

b. Tahap pengembangan konsep yang mengidentifikasi permintaan pasar serta pengembangan dan evaluasi konsep produk Pemasaran mengumpulkan kebutuhan pelanggan mengidentifikasi pelanggan, dan mengidentifikasi produk yang dapat bersaing. Desain menemukan kelayakan konsep produk mengembangkan konsep desain industrial dan membangun dan menguji plototype untuk percobaan Pemanufakturan memperkirakan biaya pemanufakturan dan menilai fisibilitas produksi. Fungsi lain keuangan memfasilitasi analisis ekonomi dan hokum menemukan isu-isu paten.

 

c.  Desain pada level sistem. Pada tahap ketiga mulai menyusun dari produk hingga komponen dan bahan yang menyusun produk tersebut Pemasaran mengembangkan rencana pemilihan dan peluasan produk dan menyusun target penjualan. Desain: menyusun produk  alternative, mendefinisikan subsistem utama yang terkait dan Desain menyusun memperbaiki desain industrial. Pemanufakturan mengidentifikasi pemasok untuk komponen kunci, melakukan analisis membeli atau membuat sendiri, menentukan skema perakitan akhir dan menyusun target biaya Fungsi lain keuangan membantu analisis membel atau membuat sendin dan pelayanan produk identifikasi isu-isu pelayanan.

 

d.     Perincian desain yang merupakan tahap desain lengkap hingga proses produksinya dan mengembangkan rencana pemasaran. Desain mendefinisikan komponen produk memilih bahan baku, menentukan toleransi dan melengkapi dokumentasi pengendalian desain industrial. Pemanufakturan mendefinisikan proses produksi bagian demi bagian, mendesain peralaran menentukan proses penjamin kualitas dan mulai pengadaan alat.

 

e.  Pengujian dan perbaikan. Pemasaran mengembangkan promosi dan peluncuran dan memfasilitasi pengujian. Desain pengajian reliabilitas, pengujian daur hidup produk, pengujian kinerja, perbaikan aturan dan perubahan desain. Pemanufakturan:membantu pemasok,memperbaiki proses pabrikasi dan perakitan, melatih para karyawan, menentukan proses penjamin kualitas dan mulai pengadaan alat.

 

f.      Tahap produksi awal produk yang telah didesain. Hasil akhir dari seluruhntahpan proses pengembangan produk adalah peluncuran produk di pasar Pemasaran penempatan awal produksi dengan pelanggan kunci desain evaluasi awal output produksi. Pemanufakturan memulai operasi ke dalam sistem produksi.


Sekian semoga bermanfaat dan mudah dipahami.

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 CERDIK MEDIA BLOG. Designed by OddThemes