Bauran pemasaran adalah seperangkat variabel pemasaran, terdiri dari 4P atau 7P, yang digunakan untuk tujuan pemasaran dan untuk mencapai target pasar yang tepat. Istilah ini pertama kali diciptakan oleh profesor pemasaran Harvard Neil Borden pada tahun 1948. Strategi Pemasaran 7P pertama kali diperkenalkan pada tahun 1982. Kemudian model pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion.) kemudian mengalami perkembangan menjadi strategi pemasaran 7P atau Service Marketing Mix yang lebih banyak digunakan dalam bidang jasa.
1. Produk
adalah segala bentuk hasil komersial yang diberikan ke pasar untuk digunakan
atau dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat, sehingga
produk atau jasa Anda secara otomatis dapat meningkatkan daya saing pasar. Persaingan produk di pasar global sangat sengit para
UMKM harus optimis
bahwa produk lokal dapat bersaing di pasar global.
Dan Kualitas produk menjadi faktor
penting agar mampu mencuri perhatian pasar global.
2. Tempat atau lokasi perusahaan. Semakin
strategis lokasi bisnis Anda, semakin besar keuntungan perusahaan. Dengan
lokasi yang strategis, konsumen atau calon pelanggan dapat lebih mudah
menemukan dan mengakses bisnis Anda, sehingga transaksi penjualan menjadi lebih
mudah. Tempat yang mencakup lokasi
pemasaran produk agar dapat tepat sasaran dengan daya beli pembeli yang
maksimal dan menarik para dimata investor-investor pasar global.
3. Harga adalah jumlah
yang harus dibayar pengguna atau pelanggan Anda untuk mendapatkan produk yang
Anda sediakan. Dengan kata lain, jika ada pengorbanan (yaitu uang dan waktu),
seseorang akan menggunakan layanan yang Anda berikan atau membeli produk yang
Anda berikan sesuai dengan manfaat yang diinginkannya, dan dapatkan dari produk
atau layanan yang diberikan oleh perusahaan. Persaingan harga menjadi tak terhindarkan yang banyak dilakukan negara
di dunia, persaingan harga ini bisa membuat harga barang menjadi lebih murah, Akibatnya bagi
Indonesia, arus impor barang semakin deras dan pekerjaan pemerintah menjadi
lebih berat.
4. Promosi. Strategi marketing ini
serius dalam perkara kenaikan pangkat bisnis, misalnya bagaimana cara
memasarkan produk, media apa yg digunakan, & sebagainya. Promosi adalah
galat satu taktik marketing yg mempunyai tujuan, antara lain: Mengidentifikasi
& menarik konsumen baru. Mengomunikasikan produk baru. Meningkatkan jumlah
konsumen buat produk yg sudah dikenal secara luas. Menginformasikan pada
konsumen mengenai peningkatan kualitas produk. Mengajak konsumen buat
mendatangi lokasi penjualan produk. Memotivasi konsumen supaya menentukan atau
membeli suatu produk.
5. Orang (People) SDM adalah komponen krusial pada
taktik marketing mix. Faktor asal daya insan sangat memilih maju atau tidaknya
sebuah perusahaan. Tak bisa kita pungkiri bahwa faktor ini berperan krusial
pada menciptakan suatu kemajuan atau bahkan kemunduran berdasarkan suatu
perusahaan. Inilah mengapa aneka macam perusahaan berlomba-lomba buat mencari
kandidat pekerja terbaik, mereka bahkan rela membayar lebih buat menyewa pihak
pencari kerja independen yg telah pakar pada mencarikan kandidat pekerja bagi
perusahaan.
6. Proses. pada ini
meliputi bagaimana cara
perusahaan melayani permintaan tiap konsumennya, mulai berdasarkan konsumen
memesan (order) sampai akhirnya mereka menerima apa yg mereka inginkan.
Beberapa perusahaan eksklusif umumnya mempunyai cara yg unik atau spesifik pada
melayani konsumennya.
7. Penampilan (bukti fisik) Tampilan tempat usaha akan menjelaskan
bagaimana bangunan perusahaan ditata. Apakah perusahaan menggunakan interior
yang unik, sistem petir yang menarik, desain ruangan yang eye-catching, dll.
Perusahaan pasti akan menyadari bahwa tata letak bangunan internal perusahaan
pasti akan mempengaruhi suasana hati pengunjung. Desain interior yang terkesan
berantakan pasti akan membuat konsumen sedikit tidak nyaman dengan keadaan
perusahaan. Bangunan harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan untuk
memberikan pengalaman bagi pengunjung dan memberikan nilai tambah.
Posting Komentar